Sikap Malaysia Membuat Indonesia Sibuk-TEMPO Interaktif

 

Sikap Malaysia Membuat Indonesia Sibuk  

Kamis, 02 September 2010 | 06:29 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta -Ketua Umum GP Ansor, Saifullah Yusuf mengatakan “ulah” sikap Malaysia dalam beberapa tahun terakhir ini membuat Indonesia sibuk. “Banyak masalah-masalah yang mestinya tidak perlu dilakukan berlebihan oleh Malaysia,” katanya Rabu (1/9) malam.

Ia menilai sikap Malaysia yang memprotes pembakaran bendera Malaysia oleh sebagian orang Indonesia amat berlebihan. “Di Indonesia ini jangankan bendera negara lain, wong foto presidennya saja dibakar,” ujarnya.

Namun, kata dia, meski itu terjadi, presiden tidak pernah menunjukkan sikap berlebihan. “Ini hebatnya demokrasi di Indonesia,” katanya.

Hubungan Indonesia-Malaysia kembali memanas dalam beberapa hari terakhir ini. Memanasnya hubungan ini dipicu oleh penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikatan oleh Malaysia beberapa waktu lalu. Aksi ini kemudian memicu sikap protes sejumlah kalangan.

Di Markas Besar TNI Cilangkap, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui hubungan baik Indonesia dengan Malaysia tak melulu mulus. Ia mencontohkan keberadaan tenaga kerja Indonesia di Malaysia, yang selain menguntungkan kedua negara kerap melahirkan beragam kasus. ”Sekecil apa pun permasalahan yang muncul dalam hubungan bilateral, akan tetap kita selesaikan demi menunjang kepentingan nasional kita,” katanya.

Meski hubungan memanas, kata dia, Indonesia tetap akan memilih jalur diplomasi.

DWI RIYANTO AGUSTIAR | FWH

This entry was posted in Democracy and tagged . Bookmark the permalink.